BAGUNA JAWA BARAT EVAKUASI KORBAN BENCANA LONGSOR DAN BANJIR BANDANG CIBENDA KECAMATAN CIPONGKOR KABUPATEN BANDUNG BARAT




Pilu menerpa warga di sejumlah desa di Kecamatan Cipongkor dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 23.00 WIB. Hujan deras menyebabkan banjir bandang bahkan hingga longsor di beberapa titik.
Banjir bandang terjadi di Desa Cibenda, Desa Baranangsiang, dan Desa Cijambu, di Kecamatan Cipongkor. Selain itu, Desa Cibitung dan Sukaresmi di Kecamatan Rongga pun tak luput tersapu banjir akibat meluapnya Sungai Cijambu itu.

BAGUNA Jawa Barat setelah mendengar ada bencana banjir dan longsor di sejumlah desa kecamatan kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat di bawa Komando Kepala Baguna Jawa barat, Darajat Hidayat Soetardja segera menginstruksikan kepada anggota untuk berkumpul dan mengadakan rapat teknis di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Jalan Pelajar pejuang 45,anggota yang berangkat berjumlah 15 0rang,untuk segera berangkat menuju lokasi banjir dan longsor di kecamatan Cipongkor kabupaten Bandung Barat  melakukan asesment,serta mendatangi Posko Bencana yang ada di lokasi

Jam 19.30 wib tiba di lokasi bencana anggota beserta kepala Baguna Drajat Hidayat,langsung melaksanakan assesmen pada posko pengungsi yang berada di kecamatan cipongkor,dan berkoordinasi dengan kewilayaan/kecamatan untuk asesmen.

Hasil dari asesmen yang di terima Baguna Jawa barat 
1.    Lokasi   Kp. Gintung Desa Cibenda Kab. Bandung Barat

Area yang terdampak
Kp. Ciburuy,Kp. Cibunut, Kp. Jogjogan, Kp. Cilengsar, Kp. Karaminang, Kp. Ciangsan

2.    Rumah terdampak :
a.    RB, RS, RR : 30 Rumah Rusak (masih assegment)
b.    Masjid/Mushala, Madrasah, masing-masing 2 unit terdampak 
3.    Warga terdampak :

a.    Jumlah Pengungsi
Sebanyak 115 KK (436 Jiwa)
1.    Dewasa              : 299 jiwa (L 163; P 136)
2.    Remaja               : 32 Jiwa (L 22; P 10)
3.    Anak SD             : 16 Jiwa (L 8; P 8)
4.    Balita                   : 44 Jiwa (L 28 ; P 16)
5.    Lansia                 : 45 Jiwa (L 22 ; P 23)

b.    Korban :

b.1  Y
g belum diketemukan 8 orang (dalam proses pencarian)
b.2  Luka Berat 3 orang
1.    H. Hilman (L) 68 Tahun  dirawat di RSHS Bandung
2.    Aida (P) 59 Tahun
3.    Alan (L) 41 Tahun &Leni (P) 29 Tahun
(sudah pulang dari RSUD Cililin dan berada di Posko)
b.3   Luka Ringan 33 orang (Data Korban masih fluktuatif)

4. Keberadaan POSKO

a. Kesehatan
b. Logistik
c. Dapur Umum

Untuk kedaruratan bencana adapun kebutuhan mengenai Logistik dimana persediaan hanya cukup untuk 3 hari kedepan adalah persediaan Beras, adapun personil untuk dilibatkan lebih kepada keterlibatan di Dapur Umum
Masa proses pencarian selama 7 hari terhitung dari tanggal 25 Maret 2024 dan bisa diperpanjang 7 hari berikutnya atau dinyatakan berhenti setelah korban hilang dinyatakan diketemukan semua.

Baguna Jawa Barat membuat posko dan Bantuan Korban Longsor dan banjir di Lokasi,baguna akan memberikan bantuan paket sembako seratus,pengadaan air minum Baguna dan trauma healing bagi anak-anak di lokasi bencana.

hingga berita ini di muat proses pencarian terhadap korban hilang/tertimbun tanah dan bagunan masih terus di lakukan pencarian.



Tim Media Baguna Jawa Barat






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAGUNA JAWA BARAT MEMBERIKAN PELAYANAN MEDIS DALAM ACARA RELAWAN SAHABAT GANJAR DI KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT

BAGUNA DPD PDI PERJUANGAN JAWA BARAT,6 JAM SETELAH MENDENGAR BENCANA DI SUMEDANG,MENDIRIKAN TENDA,DAN POSKO DI LOKASI BENCANA